Sabtu, 30 Juli 2011

VISITASI BANSOS 2011 DI SKB KOTA DENPASAR


Pada hari Sabtu tanggal 30 juli 2011 BPPNFI Regional VII Mataram Lombok melaksanakan visitasi terhadap beberapa program-program yang berkaitan dengan pengajuan proposal. Program-program tersebut antara lain : Keaksaraan Dasar, Keaksaraan Usaha Mandiri, Rintisan PAUD, Pendidikan Kewirausahaan Mandiri, Pendidikan Keterampilan Masyarakat dan Life Skill. Team yang melakukan visitasi antara lain : 1. H. Khairuddin, H. Rusli Nursalam, M.Romadani dan Iskandar. Beberapa proposal yang diajukan oleh para pengelola program-program tersebut masih perlu direfisi sehingga sesuai dengan juknis yang sudah ada dan segera secepatnya diajukan kembali untuk memperoleh anggaran sesuai dengan program-program yang diajukan tersebut.
Setelah selesai melaksanakan visitasi di UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar, rombongan BBPNFI Regional VII akan melanjutkan perjalanannya ke beberapa SKB di Provinsi Bali untuk hal yang sama (smt).

Jumat, 29 Juli 2011

PERAYAAN BERSAMA PERINGATAN HARI ANAK GEBYAR PAUD HAI DAN PENGUKUHAN BUNDA PAUD


Perayaan bersama Hari Anak, Hari Keluarga, Hari Aksara Internasional Kota Denpasar ke 46, Gebyar PAUD dan Pengukuhan Bunda PAUD Kota Denpasar dipusatkan di Lapangan Puputan Badung pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2011. Acara dimulai jam 16.00 wita. Hadir dalam acara ini adalah Walikota Denpasar bersama Ibu Selly Mantra, Wakil Walikota Denpasar berseta Ibu, serta SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) Kota Denpasar. Selain itu hadir pula mantan bintang film Yessy Gusman yang merupakan pasangan Rano Karno dalam film “Gita Cinta Di SMA”. Beliau hadir dalam kapasitasnya sebagai Sekretaris BAN (Badan Akreditasi Nasional) Depdiknas.
Pada acara ini dilaksanakan berbagai acara antara lain Pameran HAI, Pareda TK dan PAUD yang masing-masing mewakili Kecamatan Dentim, Denbar, Densel, dan Denut. Selain parade juga ditampilkan pertunjukan kraetvitas Anak PAUD yang merupakan puncak perayaan Hari Anak Nasional Kota Denpasar. Dalam kesempatan ini Bapak Walikota Denpasar menyerahkan hadiah untuk para Juara 1, 2, dan 3 berbagai perlombaan PAUD/PAUDNI, Hari Aksara Internasional ke 46, serta pengukuhan Bunda PAUD.
Pembukaan ditandai oleh Parade PAUD/PAUDNI dilanjutkan dengan peninjauan pameran HAI. Selanjutnya dilaksanakan pengukuhan Bunda PAUD oleh Bapak Walikota kepada Ibu Selly Mantra dan penyerahan hadiah kepada para juara 1, 2, dan 3 berbagai perlombaan Hari Anak Nasional ke 46 dan Hari HAI ke 46. Acara ditutup dengan penampilan beberapa PAUD/PAUDNI dalam acara kreativitas anak PAUD Kota Denpasar. Dalam acara ini PAUDNI “Harapan Bangsa” UPT SKB Dinad Dikpora Kota Denpasar menampilkan bleganjur (smt).

Rabu, 27 Juli 2011

RENDAH KESADARAN MASYARAKAT AKAN PAUD


Kesadaran masyarakat memasukkan anak usia dini ke lembaga pendididkan anak usia dini (PAUD) khususnya di Bali masih rendah. Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap pemberian layanan pendidikan bagi anak sejak usia dini (0-6 tahun) disebabkan kurangnya sosialisasi tentang pentingnya pendidikan anak usia dini itu sendiri.
“Meskipun selama ini pemerintah dan masyarakat telah menyelenggarakan berbagai program layanan pendidikan bagi anak usia dini, kenyataannya hingga saat ini masih banyak anak usia dini yang belum memperoleh layanan pendidikan” ujar Kapala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali Drs. Ida Bagus Anom di sela-sela kegiatan Festival Kreativitas Anak PAUD serangkaian Hari Anak Nasional 2011, Selasa 26-07-2011 di Wantilan DPRD Bali.
Menurutnya PAUD merupakan fondasi untuk menciptakan kecerdasan anak. Lebih lanjut Drs. Ida Bagus Anom mengatakan, dari hasil penelitian kecerdasan anak, 50 persen terbentuk pada usia dini atau 0-6 tahun. “Kecerdasan intelektual emosional dan spiritual bias dikembangkan pada anak saat usia 0-6 tahun, bila mampu digarap dengan baik dan diberikan fasilitas pendidikan yang layak. Namun, bila tidak mampu digarap dengan baik maka perkembangan kecerdasan anak hanya mencapai 5 persen saja” ucapnya.
Diakuinya, selain minim kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan anak usia dini, factor lain yang menyebabkan mutu layanan PAUD bvelum optimal yakni terbatasnya jumlah lembaga layanan PAUD yang umumnya terdapat di daerah perkotaan dan kurang menjangkau masyarakat pedesaan, dan terbatasnya jumlah pendidik dan tenaga kependidikan PAUD ( sumber berita: Harian “Bali Post” Rabu tanggal 27 Juli 2011).

Selasa, 26 Juli 2011

KENAIKAN KELAS PENDIDIKAN KESETARAAN UPT SKB KOTA DENPASAR TAHUN 2011


Kenaikan kelas pendidikan kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C “Saraswati” UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar dilaksanakan pada hari Senin tanggal 25 Juli 2011. Setelah kenaikan kelas peserta didik kembali libur selama seminggu dan masuk belajar pada hari Selasa tanggal 2 Agustus 2011. Sedangkan peserta didik Paket A kelas V, Paket B kelas VII, dan Paket C kelas X tahun ajaran 2011/2012 ini akan melaksanakan Masa Orientasi Siswa (MOS) selama seminggu mulai hari Senin tanggal 02 Agustus 2011 sampai Jumat tanggal 05 Agustus 2011. Selain dari kelas-kelas tersebut merupakan program berkelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya. Pada kenaikan kelas kali ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya yakni adanya pemilihan bintang kelas sebagai penghargaan atas prestasi belajar yang mereka capai dan juga sebagai motivasi belajar yang merukan salah satu ragi belajar di pendidikan non formal.
Adapun para bintang kelas dari masing-masing kelas adalah sebagai berikut.
I. Paket A Kelas VI:
1. Juara I adalah : I Wayan Ardi Saputra dengan jumlah nilai : 481
2. Juara II adalah : Kezya Yuningsih Misa dengan jumlah nilai : 480
3. Juara III adalah : Virgilio Da Costa dengan nilai : 471
II. Paket B Kelas VII:
1. Juara I adalah : Putu Dian Suwitri dengan jumlah nilai : 623
2. Juara II adalah : Ni Kadek Ria Wandasari dengan jumlah nilai : 611
3. Juara III adalah : Ni Luh Sintya Oktavianus dengan nilai : 608
III. Paket B Kelas VIII:
1. Juara I adalah : Komang Kariada dengan jumlah nilai : 647
2. Juara II adalah : Amanda Rehardini dengan jumlah nilai : 616
3. Juara III adalah : Ida Ayu Made Suryaningsih dengan jumlah nilai : 602
IV. Paket B Kelas IX:
1. Juara I adalah : Kadek Budiasa dengan jumlah nilai : 659
2. Juara II adalah : I Wayan Arya Gunawan dengan jumlah nilai : 638
3. Juara III adalah : I Ketut Mahahidin dengan jumlah nilai : 624
V. Paket C Kelas X:
1. Juara I adalah : Ni Wayan Widiyani Segel dengan jumlah nilai : 640
2. Juara II adalah : Ida Ayu Wayan Mirah dengan jumlah nilai : 630
3. Juara III adalah : A. A. Putu Kumara Putra dengan nilai : 629
VI. Paket C Kelas XI:
1. Juara I adalah : Ni Wayan Wiriantini dengan jumlah nilai : 652
2. Juara II adalah : Ni Luh Swandewi dengan jumlah nilai : 649
3. Juara III adalah : Ni Komang Eka Satyawati dengan jumlah nilai : 646
VII. Paket C Kelas XII:
1. Juara I adalah : Ni Nyoman Arsani dengan jumlah nilai : 661
2. Juara II adalah : I Made Ardika Yasa dengan jumlah nilai : 656
3. Juara III adalah : Ni Nengah Peniasih dengan jumlah nilai : 651
Sebagai penghargaan untuk para bintang kelas ini diberikan sekedar tanda pengharhagaan berupa Piagam dan juga buku lengkap dengan alat tulis. Sementara itu untuk kelas XII tahun ajaran 2010/2011 yang baru saja selesai mengikuti UNPK tanggal 19 Juli 2011 sampai 22 Juli 2012 belum melaksanakan penerimaan raport. Raport akan diserahkan setelah pengumuman kelulusan UNPK periode I tahun 2011.
PAUDNI DAN PAKET C MASIH MENJADI PRIMADONA
Tahun ajaran 2011 ini UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar telah menerima pendaftaran peserta didik tahun ajaran 2011/2012. Rinciannya adalah sebagai berikut. Sampai berita ini kami tulis Paket A kelas V baru menerima pendaftaran peserta didik sebanyak 5 orang. Mereka adalah: I Komang Putra Wirawan, Ni Komang Sri Ningsih, I Gusti Ayu Ani, Ni Putu Kariyani, dan Komang Suastika. Paket B kelas VII juga baru menerima sebanyak 5 orang antara lain : I Putu Geria, I Made Sudira, Ni Luh Udiani, dan I Kadek Arti Artha Krisna. Sementara itu untuk Paket C di UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar sampai saat ini masih menjadi primadona. Hal ini dapat dimaklumi karena Denpasar sebagai kota Metroplitan menjadi tempat tujuan bagi pencari kerja. Banyak para pendatang baik pendatang lokal dari berbagai kota dan kabupaten di Bali maupun luar Bali. Sedangkan disatu sisi, banyak dari para pencari kerja tersebut belum memenuhi syarat pendidikan sesuai dengan permintaan pasar seperti hanya tamatan SD dan SMP. Sedangkan berbagai lembaga penyedia lapangan kerja mensyaratkan serendah-rendahnya berpendidikan SMA atau sederajat. Itulah salah satu faktor penyebab mengapa Paket C setara SMA sampai saat ini tidak pernah sepi dari peminat. Sampai tulisan ini kami turunkan, Pendidikan Kesetaraan Paket C “Saraswati” UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar untuk kelas X memperoleh peserta didik sebanyak 28 orang. Mereka adalah : Ni Nyoman Antari, I Wayan Yuka Artha Permadi, Komang Adi Sudiksa, Ni Wayan Karyawati, Ni Made Kariati, Ni Wayan Yuliantini, Sang Ayu Made Mirah Sawitri, I Made Disel, Ni Gusti Ayu Komang Juwitri, Antonia Kamara, I Wayan Balik Wijaya, I Nyoman Redana, I Made Arnaya, Ni Kadek Sumardiani Nirmala Dewi, Ni Wayan Sri Laras Santi, Ni Luh Ayu Apriiani, I Gede Sarjana, Putu Krisna Dewi, I Nyoman Retawasa, I Gede Kastawa, I Gede Mangku, Ida Ayu Kartini, I Komang Sudiana, I Gede Suar, I Nyoman Wira Sanjaya, I Wayan Ardika, I Nyoman Merta, dan Ari Pani Sanjaya. Kami optimis bahwa peserta didik tersebut diatas terutama Paket C akan bertambah mengingat nama-nama peserta didik Paket C yang kami sebut diatas adalah peserta didik “luar” UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar. Sedangkan yang masih belum mendaftar adalah para jebolan Paket B UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar. Para peserta didik Paket B kami ini baru saja selesai mengikuti UNPK Paket B. Bila kelak mereka telah lulus UNPK Paket B, maka mereka akan mendaftar ke Paket C di tempat kami. Dengan tambahan 28 orang jebolan Paket B kami ini maka secara keseluruhan kami sementara akan memiliki 56 orang peserta didik Paket C kelas X tahun ajaran 2011/2012. Hal yang sama juga berlaku di Paket B yang akan menerima pendaftaran dari jebolan Paket A SKB Kota Denpasar. Selain Paket C, PAUDNI “Harapan Bangsa” UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar juga banyak diminati oleh masyarakat baik masyarakat Desa Tembau dan sekitarnya. Bahkan untuk PAUDNI ini kami sampai terpaksa menolak karena fasilitas berupa ruang belajar yang masih terbatas. Seperti sudah kami beritakan di jejaring sosial Facebook dan Weblog ini bahwa tahun ajaran 2011/2012 ini PAUDNI kami memperoleh peserta didik sebanyak 134 orang. Secara keseluruhan mulai dari PAUDNI, Paket A, Paket B, dan Paket C untuk tahun ajaran 2011/2012 ini kami −untuk sementara− memiliki peserta didik sebanyak 420 orang dengan rincian di PAUDNI 134 orang, di Paket A sebanyak 25 orang, di Paket B sebanyak 95 orang dan di Paket C sebanyak 166 orang (smt).

Jumat, 22 Juli 2011

PAUDNI SKB KOTA DENPASAR JUARA HARAPAN I LOMBA GERAK DAN LAGU HARI ANAK NASIONAL


Dalam rangka Hari Anak Nasional Tahun 2011 yang jatuh pada hari Jumat tanggal 22 Juli 2011, PAUDNI “Harapan Bangsa” UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar diundang untuk memeriahkan acara tersebut. Bersama PAUD dan PAUDNI se Kota Denpasar PAUDNI “Harapan Bangsa” mengisi dan berpartisipasi pada acara Lomba Gerak dan Lagu dari banyak acara yang diadakan. PAUDNI “Harapan Bangsa” UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar yang baru saja mulai mengikuti proses belajar mengajar sejak hari Senin tanggal 18 Juni 2011 dengan “kilat” melakukan pelatihan hanya beberapa hari saja menjelang pelaksanaan lomba. Namun demikian nampak para anak-anak PAUDNI kami ini cukup pede tampil dihadapan puluhan penonton di Lapangan Puputan Badung Denpasar. Dalam Lomba Gerak dan Lagu ini PAUDNI “Harapan Bangsa” UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar berhasil keluar sebagai Juara Harapan I. Acara dimulai jam 14.00 wita sampai jam 15.30 wita (smt) .

Rabu, 20 Juli 2011

UNPK PAKET C PERIODE I TAHUN 2010/2011 KHUSUS PROVINSI BALI


Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C Periode I tahun 2011 Provinsi Bali dilaksanakan mulai hari Selasa tanggal 19 Juli 2011 sampai dengan Jumat 22 Juli 2011. UNPK dimulai pukul 12.00 wita sampai dengan pukul 17.30 wita. Sebenarnya secara Nasional UNPK Paket C Periode I sudah dilaksanakan mulai hari Selasa tanggal 5 Juli 2011 sampai dengan 8 Juli 2011. Namun karena pada saat itu yakni hari Rabu tanggal 6 Juli 2011 di Bali sedang berlangsung perayaan hari suci Umat Hindu yaitu Hari Raya Galungan. Untuk itu maka Khusus Provinsi Bali pelaksanaan UNPK Paket C Periode I ini diundur menjadi hari Selasa tanggal 19 Juli 2011 sampai dengan 22 Juli 2011.
Untuk Kota Denpasar, UNPK dilaksanakan dan bertempat di SMA Negeri 1 Denpasar Jalan Kamboja Denpasar. Pada tahun 2011 ini UPT SKB Dinas Dikpora menyertakan peserta didiknya sebanyak 66 orang terdiri dari 36 orang laki-laki dan 30 orang perempuan. Paket C UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar hanya meyertakan Paket C jurusan IPS saja. Sedangkan dari sekolah formal yang tidak lulus UN tahun ini juga ikut mendaftar di UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar . Mereka adalah : Ni Kadek Suryaning Shanti Sinarti dari SMK Negeri 2 Denpasar Jurusan akuntansi dan Ni Ketut Sri Anggarawati dari SMK PGRI 5 Denpasar Jurusan Pariwisata. Sedangkan 1 orang dari SMA Perintis Denpasar Jurusan IPA yang bernama R. A. Intan Firdaus.
Sementara itu peserta didik dari Paket C “Saraswati” UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar yang terdaftar ikut UNPK antara lain: 1) I Ketut Sukarana, 2) Ni Nengah Peniasih, 3) I Putu Prastiadi, 4) I Ketut Riasta, 5) Komang Depranata, 6) I Gede Aris Darmayuda, 7) Ida Ayu Putu Ety Arminawati, 8) I Made Ardika Yasa, 9) Ni Nyoman Arsani, 10) Ni Ketut Semawi, 11) Ida Ayu Kade Fajar Dewi, 12) Ida Bagus Ngurah Mahendra, 13) Luh Budiantari, 14) I Nengah Darmayasa, 15) I Wayan Wirya Adi, 16 ) Luh Merta Ayu, 17) I Putu Ardiana, 18) Kadek Purnami Asih, 19) Ni Made Parwati, 20) Ni Nyoman Juniari, 21) I Made Very Ardika, 22) Ni Wayan Sutarmini, 23) Ketut Nara Krisnanda, 24) Luh Putu Purnami, 25) Ni Wayan Yuni, 26) Ni Ketut Miati, 27) I Ketut Surata, 28) Uksun Rifai, 29) I Komang Muktiyasa, 30) Luh Putu Sri Wahyuni, 31) I Made Sugitra, 32) Komang Astiti, 33) I Komang Gunarta Yasa, 34) Putu Adi Sutarmini, 35) Dewa Made Yuda Sedana, 36) Mitro, 37) I Putu Riajana, 38) I Wayan Cita Darma, 39) Ni Putu Sudiasih, 40) Ni Wayan Pindah, 41) Ni Nyoman Rismen, 42) Ni Ketut Kormi, 43) Ni Made Madrini, 44) Ni Wayan Weti, 45) I Gede Geria Ardana, 46) I Nyoman Sukarma, 47) I Nyoman Suama, 48) I Wayan Kerta, 49) I Made Agus Budiana, 50) Kadek Yuliarini, 51) Cipta Puriwata, 52) Eva Arnas, 53) I Wayan Kuat, 54) Nil Uh Widari Budiasih, 55) I Wayan Juniawan, 56) I Wayan Widya Putra, 57) I Gede Suarjana, 58) I Wayan Purnayasa, 59) I Komang Budiarsa, 60) Made Venny Dian Lestari, 61) I Ketut Adi Suadnyana, 62) I Agus Adiana Putra, 63) Ni Komang Alit Rahayu, 64) I Ketut Budiasa, 65) Ni Putu Kawi Adityani Dewi, 66) Kadek Hemi Prabha Swari.
Jadwal dan Mata pelajaran yang di UNPK kan antara lain : Selasa tanggal 19 Juli 2011 mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Inggris. Rabu tanggal 30 Juli 2011 mata pelajaran Sosiologi dan Geografi. Kamis tanggal 21 Juli 2011 mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Ekonomi. Jumat tanggal 22 Juli 2011 mata pelajaran Matematika (smt).

Senin, 18 Juli 2011

PESERTA DIDIK PAUDNI “HARAPAN BANGSA” TAHUN AJARAN 2011/2012


Pada tahun ajaran baru 2011/2012 ini PAUDNI “Harapan Bangsa” UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar memperoleh peserta didik sebanyak 134 orang. Ini berarti ada kenaikan sekitar 13 % dari tahun ajaran sebelumnya yakni 117 orang. Jumlah itu terdiri dari Play Group usia 3-4 tahun sebanyak 9 orang. Laki-laki 5 orang dan perempuan 4 orang. Nama-namanya adalah: 1) I Wayan Cahya Mesta Antara, 2) Ni Putu Adelia Dharma Ratih, 3) Ni Made Giselle Olivia Wicana, 4) I Gede Rama Sankharshana Amtak, 5) Ni Luh Putu Vira Pramitha, 6) Yuuki Satria Utama, 7) I Made Arya Wira Dharma, 8) I Made Indra Bakti Dwiantara, 9) Putu Nisa Arpita. Jadwal belajar 4 x seminggu: Senin, Rabu, Jumat, Sabtu. Jam belajar 10.00 – 12.00 wita.
PAUDNI usia 4 – 5 tahun sebanyak 30 orang yang dibagi dalam 2 kelompok yakni A1 dan A2. A1 sebanyak 15 orang. Laki-laki 8 orang dan perempuan 7 orang. Nama-namanya adalah: 1) Oriawa Rahmadani, 2) Ni Luh Putu Eka Rasmini, 3) Ni Made Ayu Handayani, 4) Made Nita Wika Yanti, 5) Ni Kadek Githa Maharani Putrid, 6) Ni Putu Devina Ariska Wulandari, 7) I Gede Arya, 8) Kadek Widiadnyana Putra, 9) Putu Mahayoga Oktaviandra, 10) I Komang Atila Wirawan, 11) Bagus Adiwibowo, 12) I Pt. Satya Bhakti Krisnanda A, 13) Ni Putu Indah Sri Widyantari, 14) I Made Deni Aditya, 15) Fajar Sahri Ramadani. Jadwal belajar 6 x seminggu: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu. Jam belajar 10.00 – 12.00 wita.
Kelompok A2 sebanyak 15 orang terdiri dari laki-laki 7 orang dan perempuan 8 orang. Nama-namanya adalah: 1) Ni Ketut Sri Mahayani, 2) Ida Ayu Komang Suci Listiadewi, 3) Kd. Bela Putrid Paramitha, 4) I Dewa Ayu Anandhita Putrid, 5) Azaria Putrid Salsabila Said, 6) Ni Kadek Suci Wahini, 7) Nil Uh Putu Ayu Aprilani Dewi, 8) Gede Suartawan, 9) I Wayan Guna Wijaya, 10) I Putu Ditya Maha Putra, 11) Giovani Denilson Ngoe, 12) I Gede Arya Belle Antara, 13) I Nyoman Ditya Kama Surendra, 14) Ni Komang Ari Rahayu Ningsih, 15) Desak Gede Ratih Kemala Dewi. Jadwal belajar 6 x seminggu: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu. Jam belajar 10.00 – 12.00 wita.
PAUDNI usia 5 – 6 tahun sebanyak 95 orang yang dibagi menjadi 5 kelompok yakni B1 sampai B5. Kelompok B1 sebanyak 22 orang. Laki-laki 12 orang perempuan 10 orang. Nama-namanya adalah: 1) I Made Widnyana, 2) Iflah Fiizzatil Camiliah, 3) Ni Made Risma Mutia Maharani, 4) I Putu Aditya Permana Putra, 5) I Komang Gede Sudarsana, 6) Tania Filicia Hermawan, 7) I Kadek Hendry Fujiawan, 8) Krisna Dwi Saputra, 9) Rashel Aulya Putrid, 10) Laura Amelia Suwito, 11) Ni Kadek Tia Purnama Dewi, 12) I Putu Adidarma Wariha Tangkas, 13) Ngurah Bagus Arya Mahaputra, 14) I Gede Bagus Wiweka Nanda, 15) I Made Agus Yudi Wikantara, 16) Ni Made Yuni Indrawati, 17) Nathanael Adrian Waltimena, 18) Gede David Hery Martin, 19) Ghea Aulia Putrid, 20) Dewa Ayu Sinta Paramita, 21) Ni Kadek Holista Sari, 22) I Dewa Gede Rangga Satya Utama. Jadwal belajar 6 x seminggu: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu. Jam belajar 10.00 – 12.00 wita.
Kelompok B2 sebanyak 19 orang. Laki-laki 9 orang perempuan 10 orang. Nama-namanya adalah: 1) I Md. Dwi Artakusuma Putra Astika, 2) Putu Ananda Adi Nugraha, 3) I Kadek Adi Nugraha, 4) Vicky Ibrani Ndun, 5) Kadek Heriawan Dyananta, 6) I Gede Mahendra Putra, 7) I Wayan Gd. Muriana Yasa, 8) I Putu Yudika Hendra Dharma, 9) I Made Ovi Saputra, 10) Ni Made Indri Aryani, 11) Ni Made Pande Dwi Cahyani, 12) Nil Uh Deska Putrid Suandani, 13) Ni Made Dwi Narayani, 14) Putu Bunga Candra Dewi, 15) Ni Kadek Yeni Budi Astarini, 16) Ni Wayan Aprilia Arta Dewi, 17) Meidyana Putrid, 18) Nisysitha Eka Darmayanti, 19 Ni Putu Mia Saswini. Jadwal belajar 6 x seminggu: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu. Jam belajar 07.30 – 09.30 wita.
Kelompok B3 sebanyak 18 orang. Laki-laki 8 orang perempuan 10 orang. Nama-namanya adalah: 1) Lalu Yoga Nanda Al Gura, 2) I Putu Martana, 3) I Wayan Wahyu Saputra, 4) I Ketut Raditya Permana, 5) I Kadek Rama Jaya Pramana, 6) Putu Gede Dimas Utama, 7) Nyoman Putrawan, 8) Putu Tito Sidi Yoga, 9) Ni Putu Meriani, 10) Ni Made Nadia Pradnyani, 11) Gisela Panjel, 12) Ni Nyoman Liana Darmawati, 13) Ni Komang Ayu Emi Kirana Dewi, 14) Ni Wayan Radika Putrid Rahayu N, 15) Ni Putu Diantari, 16) Nil Uh Putu Kurnia, 17) Ni Made Dwipayani, 18) Ni Kadek Mitasari. Jadwal belajar 6 x seminggu: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu. Jam belajar 07.30 – 09.30 wita.
Kelompok B4 sebanyak 18 orang. Laki-laki 7 orang perempuan 11 orang. Nama-namanya adalah: 1) Ni Made Dwi Putrid Lestari, 2) Ayu Putu Cantika Citra Dewi, 3) Ni Putu Pratami Putri, 4) Nil Uh Ayu Sintya Febriani, 5) Putu Angelina Pratamiasih, 6) Kadek Winda Aprilia, 7) Ni Nyoman Sri Mieleni, 8) Ni Komang Ayu Pustika Dewi, 9) I Luh Anggreni, 10) Ni Kadek Marsela Dwi Damayanti, 11) I Putu Primana Satya Wiguna, 12) I Wayan Krisna Bakti Widiantara, 13) I Made Weda Wisma Putra, 14) I Kadek Dika Permana Putra, 15) I Kadek Adi Sugiantara, 16) I Gede Dibya Dhananjaya, 17) I Wayan Andrew Kusuma Wicana, 18) Dela Sari. Jadwal belajar 6 x seminggu: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu. Jam belajar 07.30 – 09.30 wita.
Kelompokj B5 sebanyak 18 orang. Laki-laki 8 orang perempuan 10 orang. Nama-namanya adalah: 1) ni wayan ayu suartini, 2) ni nyoman wahyu krisnawati, 3) ni made citra dewi, 4) ni kadek nila suryani resci, 5) ni putu wulan periska, 6) I komang sugiantari, 7) safriani, 8) ni putu ayu widya Amelia, 9) nil uh kade ratih Cynthia pratiwi, 10) adinda sefena aulia, 11) wayan essa pratama kountor, 12) I gusti ngurah raditya, 13) putu arta wiguna, 14) ida bagus putra wira wedanta, 15) I made dwi saputra, 16) I ketut mahendra adiyasa, 17) luh dea prastika yanti, 18) I kadek abi arta pradtawan. Jadwal belajar 6 x seminggu: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu. Jam belajar 07.30 – 09.30 wita.
Metode pembelajaran anak usia dini PAUDNI “Harapan Bansa” UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar melalui pendektatan BCCT (beyond centers and circle times= sistem sentra & saat lingkaran ) merupakan pendekatan yang dikembangkan melalui hasil kajian teoritik dan pengalaman empirik yang merupakan pengembangan diri dari pendekatan mentossori, high scope, head star, dan Reggio Emilia yang dikembangkan oleh cretive for childhood research and trainging ( CCCRT) Florida, USA dan sudah dilaksanakan selama 35 tahun, baik untuk anak normal maupun anak yang berkebutuhan khusus.
Adapun para tenaga pendidik PAUDNI “Harapan Bangsa” tahun ajaran 2011/2012 adalah: 1) Ni Ketut Ardani, A.Ma bertugas di centra persiapan. 2) Ni Ketut Suart, A.Ma bertugas di centra seni. 3) A. A. Tirtawati, A.Ma bertugas di centra alam, 4) Ni Wayan Suartini, S.Pd bertugas di centra balok, 5) Ni Luh Putu Suka Astuti, A.Ma bertugas di centra persiapan, A. A. Oka Citra Yani, S.Pd bertugas di centra alam.
Pada hari pertama proses belajar mengajar dilaksanakan pembagian kelas dan perkenalan antara para peserta didik, tenaga pendidik serta SKB Kota Denpasar sebagai penyelenggara. Dalam kesempatan tersebut Kepala UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar I Made Subawa, SH memberikan sambutan sepatah dua patah kata. Beliau mengharapkan adanya kerja sama yang baik antara dalam menjalankan dan melaksanakan proses belajar mengajar di PAUDNI “Harapan Bangsa” UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar. PAUDNI “Harapan Bangsa” ini akan berjalan dengan baik, lancar, dan sukses apabila terjalinnya kerja sama yang baik antara tenaga pendidik, orang tua peserta didik, dan tenaga pendidik itu sendiri kata beliau. Kerja sama ini beliau sebut sebagai tiga pilar penting dalam pembinaan anak usia dini ini.
Jadwal belajar untuk tahun ajaran 2011/2012 ini dimulai hari Senin tanggal 18 Juli 2011. Karena keterbatasan ruangan belajar dengan peserta didik sejumlah 134 orang maka jadwal disusun seperti tersebut diatas. Kendati tahun ini sudah adanya penambahan ruangan dengan pindahnya BKD Kota Denpasar namun karena belum sepenuhnya gedung diserahkan secara resmi maka untuk sementara sembari proses belajar mengajar dilaksanakan akan dibenahi seiring dengan penyerahan gedung SKB Kota Denpasar sepenuhnya (smt).

Selasa, 12 Juli 2011

ORA ET LABORA


Sebagai insan yang berketuhanan sudah selayaknya selalu memanjatkan doa sebelum melaksanakan suatu tugas dan pekerjaan. Selain berusaha secara optimal juga tidak lupa berdoa mohon kepada Tuhan agar diberikan keselamatan, kelancaran serta tidak ada suatu hambatan dalam melaksanakan tugas tersebut. Demikian juga halnya yang dilakukan oleh peserta didik Paket A dan B “Saraswati” UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar yang akan melaksanakan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Periode I yang dilaksanakan mulai hari Selasa tanggal 12 Juli 2011 sampai dengan hari Kamis tanggal 14 Juli 2011. Selain belajar dengan rajin tentu juga para peserta didik tidak lupa memohon doa dan melakukan persembahyangan. Sedangkan Paket C yang secara Nasional dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 5 Juli 2011 sampai dengan 8 Juli 2011 namun untuk Provinsi Bali diundur menjadi hari Selasa tanggal 19 Juli 2011 sampai dengan Jumat tanggal 22 Juli 2011. Bali tidak dapat mengikuti secara Nasional UNPK Paket C ini karena pada saat bersamaan Umat Hindu di Bali sedang melaksanakan dan menyambut hari besar dan suci yakni Hari Raya Galungan dan Kuningan. Hari Raya Galungan tepat hari Rabu tanggal 6 Juli 2011 dan hari Raya Kuningan Sabtu tanggal 16 Juli 2011. Pada saat hari Raya tersebut selain sibuk mempersiapkan upacara persembayahngan juga para peserta didik sebagian besar mudik pulang kampung.
Kini menjelang UNPK Periode I tahun 2011 ini selain mempersiapkan diri dengan belajar yang rajin, juga tidak lupa melakukan doa persembahyangan agar mereka dapat mengikuti UNPK dengan lacar, sehat, selamat tanpa ada aral melintang. Pelaksanaan persembahyangan dilakukan sehari sebelum UNPK Periode I Paket A dan B yaitu pada hari Senin tanggal 11 Juli 2011 bertempat dipelinggih Padmasana UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar. Acara seperti ini selalu secara rutin dulaksanakan setiap menjelang UNPK. Selain menjelang UNPK, secara rutin juga dilakuak setiap Purnama, Tilem, Hari Suci saraswati serta hari-hari suci umat Hindu lainnya (smt).

Senin, 11 Juli 2011

UNPK PAKET A DAN PAKET B PERIODE I 2010/2011


Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket A dan Paket B periode I tahun 2010/2011 dilaksanakan mulai hari Selasa tanggal 12 Juli 2011 sampai dengan hari Kamis tanggal 14 Juli 2011. Paket A “Saraswati” UPT SKB Kota Denpasar meyertakan peserta didiknya yang terdaftar sebanyak 13 orang. Laki-laki 9 orang. Perempuan 4 orang. Antara lain: 1) Kadek Sukrawan, 2) I Wayan Juniantara, 3) I Wayan Andi Saputra, 4) I Made Pande Budi Astawan, 5) Levi Mutty Nakamnanu, 6) Ni Nyoman Tri Ariani, 7) Virgilio Da Costa, 8) I Kadek Purnayasa, 9) Kezya Yaningsih Misa, 10) I Ketut Artika, 11) Juma,ati, 12) Ferdinan Sabu, 13) Ni Nengah Resti. Mata pelajaran yang di UNPK kan antara lain: Matematika, PKN, Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS.
Sementara untuk Paket B “Saraswati” UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar menyertakan peserta didiknya terdaftar sebanyak 28 orang namun yang ikut adalah 22 orang. Laki-laki 11 orang. Perempuan 12 orang. Antara lain: 1) Dewa Putu Astina, 2) Made Widiah Sari, 3) I Nyoman Sada, 4) Ni Komang Teka Dewi, 5) Ni Ketut Sudiasih, 6) Nengah Juwini, 7) I Wayan Arya Gunawan, 8) I Wayan Ariawan, 9) Ni Ketut Yuniasih, 10) Ni Komang Budiani, 11) Kadek Budiasa, 12) Ni Nyoman Suheni, 13) Ni Dwi Astini Putri, 14) I Ketut Sutiawan, 15) I Kadek Suaka Setia Adinata, 16) Dewa Ayu Artini, 17) I Ketut Mahahidin, 18) Putu Evi Kristiani, 19) Ni Luh Putu Bela Krisna, 20) I Wayan Arjun Wira Saputra, 21) I Putu Juliarta, 22) I Made Dedi Kandika. Mata pelajaran yang di UNPK kan adalah: Matematika, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS.
Tempat pelaksanaan UNPK Paket A dan Paket B se kota Denpasar bertempat di gedung sekolah dasar nomor 28 Dangin Puri jalan Kamboja Denpasar. UNPK dimulai jam 13.00 sampai dengan jam 18.00 Wita (smt).

Jumat, 08 Juli 2011

TERIMA KASIH KEPADA BAPAK WALIKOTA DENPASAR DAN BERBAGAI PIHAK


Puji syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa berkat kemurahannya maka kini UPT SKB Dinas Dikpora kota Denpasar telah kembali menempati gedung miliknya. Gedung yang semenjak tahun 2003 sebagian ditempati oleh BKD Kota Denpasar mulai 1 Juli 2011 telah ditinggalkan. Namun ternyata tidak otomatis ditempati seluruhnya oleh SKB Denpasar. Karena menurut selentingan yang sempat berhembus ternyata beberapa instansi berminat menempati gedung yang ditinggalkan oleh BKD. Padahal SKB sangat membutuhkan gedung tersebut karena bagian yang ditempati saat ini sangat jauh dari representatif untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dalam bidang pendidikan cq pendidikan nonformal dan informal. Sedangkan masyarakat yang harus dilayani berjumlah 741 orang terdiri dari peserta didik PAUD, KF, Paket A, Paket B, dan Paket C. Dengan diberikannya SKB Denpasar menempati gedung ini sepenuhnya maka pelayanan terhadap masyarakat dapat dilakukan secara optimal dan hal ini sejalan dengan kebijakan Walikota Denpasar yakni memberikan pelayanan publik secara prima.
Kembalinya UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar menempati Gedung ini seperti semula sebelum otonomi daerah tentu tidak lepas dari upaya berbagai pihak. Mulai dari Kepala SKB beserta stafnya, Plt. Kepala Dinas Dikpora Kota Denpasar Bapak Ir. Eddy Mulya, SE, M.Si. Kabag Organisasi Ibu Desak Sudiarsih yang langsung meninjau Gedung SKB , Bapak Sekretaris Kota Denpasar A.A.N Rai Iswara dan tentunya kemurahan hati Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra. Demikian juga berbagai pihak yang ikut berjuang untuk tetap ajegnya lembaga ini seperti peserta didik dan masyarakat Kota Denpasar.
Keberadaan SKB masih dibutuhkan masyarakat karena hanya SKB merupakan satu-satunya lembaga pemerintah yang memberikan pelayanan pendidikan cq Pendidikan Non Formal dan In Formal. Dibandingkan lembaga pendidikan formal yang jumlahnya ratusan baik dari TK/PAUD, SD, SMP sampai SMA, maka dari segi kuantitas tentu SKB yang hanya satu ini keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat untuk memberikan pelayanan dibidang pendidikan non formal dan informal. SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar adalah UPT nya Dinas Dikpora Kota Denpasar khusus untuk Pebdidikan In Formal dan Non Formal (smt) .

Selasa, 05 Juli 2011

SELAMAT HARI RAYA GALUNGAN DAN KUNINGAN 2011


Om Swastyastu. Pimpinan, Kasubag TU dan Staf serta Segenap Karyawan/wati UPT SKB Dinas Dikpora Kota Denpasar mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan hari Rabu tanggal 6 Juli 2011 dan Kuningan Hari Sabtu 16 Juli 2011. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa senantiasa memberikan kita keselamatan, damai dihati, damai dibumi, damai dimana-mana. Om Shanti, shanti, shanti, Om.